MODEL BISNIS, PERBEDAAN MODEL BISNIS, PERENCANAAN BISNIS, DAN STRATEGI BISNIS

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hallo teman-teman, Karena ini merupakan Postingan Blog kedua saya. 

Izinkan saya memperkenalkan diri, Nama saya Dita Fauziah Ramdhayani, teman-teman bisa memanggil Dita. saya merupakan mahasiswi aktif dari kampus STIAMI Jakarta Pusat. Semoga artikel blog ini yang saya bagikan bisa memberikan manfaat yang ingin berminat tentang hal bisnis yaitu diantaranya, Model Bisnis dengan Perencanaan Bisnis dan Model Bisnis dengan Srategi Bisnis

Apa perbedaan model bisnis dengan perencanaan bisnis?

    Rencana bisnis berfungsi sebagai fondasi perusahaan dan rencana bisnis, sedangkan model bisnis menyediakan struktur. Dalam banyak hal, model bisnis adalah konsep umum perusahaan. Rencana bisnis kemudian mengambil konsep ini dan menciptakan deskripsi ide bisnis yang jauh lebih komprehensif dan terperinci.

Perbedaan antara Business Plan dan Business Model

a. Definisi

Business plan: Konsep untuk merumuskan atau mendeskripsikan urutan bisnis seperti deskripsibisnis, jenis pelanggan, persaingan dan fasilitas diperlukan untuk menjalankan suatu bisnis.

Business model: Konsep yang menyederhanakan suatu konsep bisnis yang digambarkan dalam satu lembar kertas kerja yaitu Business model canvas. Business model canvas terdiri dari sembilan (9) elemen yaitu Customer Segments, Customer Relationship, Channels, Value Propositions, Key Activities, Key Resource

b.b. Penyesuaian

Business plan: Lebih susah melakukan penyesuaian di bandingkan dengan business mo

: Lebih mudah melakukan penyesuaian di bandingkan dengan business plan.

c. Fokus perhatian

Business plan: Memfokuskan untuk menjelaskan aspek: pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, produksi, secara mendetail

Business model: Memfokuskan pada aspek strategi, sehingga penjelasan mengenai aspek: pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, produksi adalah tidak mendetail.

 Beberapa elemen dasar dari model bisnis adalah perusahaan:

· a. Konsep bisnis dasar: Ini adalah ringkasan singkat tentang peluang bisnis perusahaan, termasuk hal-hal seperti konsumen rata-rata, produk atau layanan, manfaat yang dapat ditawarkan produk atau layanan kepada konsumen dan metode yang digunakan untuk menyampaikan produk atau layanan kepada konsumen .

·    b. Posisi rantai nilai: Posisi rantai nilai mengacu pada posisi perusahaan dalam rantai pasokan yang membawa produk dan layanan ke konsumen.

·    c. Manfaat yang diberikan: Model bisnis biasanya berisi perkiraan manfaat nyata yang dapat ditawarkan produk atau layanan mereka kepada pelanggan.

·    d. Penggerak biaya dan sumber pendapatan: Aspek model bisnis ini mengidentifikasi aktivitas mana yang membutuhkan biaya serta aktivitas mana yang merupakan sumber pendapatan.

·  e. Keunggulan kompetitif: Keunggulan kompetitif mengacu pada fitur yang menyebabkan konsumen menganggap produk atau layanan lebih unggul daripada yang ditawarkan oleh persaingan perusahaan.

Contoh Model Bisnis:

Ø a. Komisi

Perusahaan yang menggunakan model bisnis ini berfungsi sebagai perantara antara konsumen dan penjual, mengambil persentase dari setiap penjualan yang membantu memfasilitasi. Meskipun model bisnis ini biasanya membutuhkan lebih sedikit modal, biasanya juga sedikit kurang menguntungkan.

Ø  b. Periklanan

c. Dengan model bisnis ini, tujuan perusahaan adalah menghasilkan keuntungan dari penjualan ruang iklan. Meskipun lebih tradisional, mode fisik masih efektif, iklan online telah menjadi jauh lebih populer. 

Ø  c. Produksi

Ini adalah jenis model bisnis yang paling dasar karena perusahaan hanya menjual jasa atau produk yang dihasilkannya. Saat menggunakan model bisnis ini, perusahaan harus memastikan bahwa ia dapat menghasilkan laba yang cukup untuk menutupi biaya yang terkait dengan produksi, penyimpanan, dan distribusi produk dan layanannya.

Ø  d. Waralaba

Waralaba memberi konsumen hak untuk menggunakan model bisnis mereka dengan imbalan persentase tertentu dari pendapatan perusahaan konsumen di masa depan.

Ø  e. Berlangganan

Dengan model bisnis berlangganan, perusahaan memperoleh pendapatan dengan menagih konsumen, juga dikenal sebagai pelanggan, secara berkala. Keuntungan utama dari model ini adalah bahwa perusahaan biasanya dapat secara akurat memprediksi pendapatan masa depan mereka.

apa perbedaan model bisnis dengan strategi bisnis?

            Model bisnis berfokus pada akuisisi nilai, sementara strategi bisnis menekankan pada pelestarian keunggulan bersaing yang lebih luas. model bisnis adalah kerangka keseluruhan bisnis. Secara ilustratif, ini menggambarkan apa saja aktivitas utama bisnis.Mari kita asumsikan sebagai perusahaan manufaktur. Mengelola operasi perusahaan sangat penting, dan itu membutuhkan sejumlah aktivitas utama untuk dikelola. Selanjutnya, perusahaan harus menentukan bagaimana mereka mengelola hubungan dengan konsumen. Jika itu barang mewah, mereka harus mengembangkan strategi manajemen hubungan pelanggan yang aman karena perusahaan menginginkan basis pelanggan yang setia. Saat membuat basis pelanggan setia, proposisi nilai penting. Sederhananya, proposisi nilai mengacu pada jenis nilai apa yang dibuat perusahaan untuk mempertahankan konsumen bersama mereka di masa mendatang. Saat melakukan proses ini, diperlukan proses pengelolaan pendapatan yang efektif. Jika pendapatan tidak dikelola dengan baik, semua fungsi perusahaan bisa menurun. Dalam hal ini, manajemen biaya yang efektif juga diperlukan. Model bisnis juga mengakui strategi pengelolaan kemitraan kunci juga. Untuk transformasi rantai pasokan perusahaan yang efektif dan lancar, kemitraan di luar perusahaan adalah penting. Katakanlah, sebuah perusahaan telah mengadopsi strategi disintermediasi saat bernegosiasi dengan pemasok dan dengan demikian itu adalah contoh dari kemitraan kunci. Dalam hal ini, perusahaan diharuskan untuk menentukan jenis konsumen apa yang mereka tangani. Apakah mereka pembeli harian, pembeli industri, dll. Model bisnis yang tepat juga membutuhkan identifikasi tipe konsumen yang jelas. Oleh karena itu, model bisnis mengacu pada rencana yang membahas bagaimana perusahaan mengelola kemitraan kunci, konsumen, proposisi nilai, biaya dan pendapatan, sumber daya utama, dll. 

Apa perbedaan model bisnis dengan strategi?

a)     MAdministrasi Bisnisodel bisnis mengacu pada rencana atau diagram yang berbicara tentang bagaimana perusahaan menggunakan sumber dayanya, bagaimana bersaing, bagaimana mengembangkan hubungan bisnis, bagaimana berurusan dengan konsumen, dan bagaimana perusahaan menciptakan nilai untuk menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan.

b)     Strategi mengacu pada arah jangka panjang perusahaan.

Tujuan:

a.      Model bisnis diturunkan untuk tujuan menentukan daya saing.

b.      Strategi diturunkan dengan tujuan menentukan keadaan masa depan.

 

Keterkaitan:

            Strategi menentukan arah jangka panjang perusahaan dan model bisnis memfasilitasi strategi karena strategi menentukan bagaimana perusahaan bersaing.

Elemen dan Jenis:

a.      Model bisnis terdiri dari elemen aktivitas utama, sumber daya, pendapatan dan biaya, proposisi nilai, kemitraan utama, saluran, sumber daya, dan pelanggan.

b.      Jenis strategi yang umum adalah strategi korporat, tingkat bisnis dan operasional.

 

Apa itu Strategi?

            Seperti disebutkan di atas, strategi mengacu pada arah jangka panjang perusahaan dan itu mengungkapkan di masa mendatang apa posisi yang diharapkan perusahaan. Menjadi kompetitif dan mencapai keunggulan kompetitif diperlukan untuk mencapai strategi yang diinginkan. Bahkan, ada berbagai klasifikasi strategi. Di antara mereka, strategi perusahaan, strategi operasional, dan strategi unit bisnis adalah umum dalam hal sudut definisi. Strategi perusahaan mengacu pada ruang lingkup keseluruhan dan tujuan bisnis. Strategi tingkat perusahaan membahas seluruh perusahaan. Strategi tingkat bisnis selalu fokus pada Unit Bisnis Strategis (SBU). SBU didefinisikan sebagai departemen terpisah atau entitas konglomerat bisnis besar. Keputusan utama seperti, pasar mana yang harus diikuti, dan strategi bersaing apa yang harus digunakan di pasar-pasar tersebut ditentukan dalam strategi tingkat bisnis. Strategi operasional fokus pada desain proses organisasi, organisasi untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai fasilitator tingkat bisnis dan strategi perusahaan.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENTINGNYA INOVASI DISEBUAH PERUSAHAAN